Mengapa Kita Mengeluh

Saat saya jalan kaki pulang dari kantor ke stasiun, saya melihat begitu banyaknya kendaraan yang membuat jalanan menjadi macet. Lalu saya mulai berpikir, “Kenapa sih macet melulu? Udah jalanan sempit, target penjualan kendaraan malah makin tinggi. Gak bener banget.”

Sesaat setelah itu saya langsung sadar kalau saya sedang mengeluh. Saya melakukannya tanpa saya sadari.

Kenapa sih kita sebagai manusia sadar atau tidak, secara otomatis suka mengeluh?

Saya bukanlah ahli dalam perilaku manusia, tapi kalau menurut pengalaman saya dan melihat orang-orang yang saya kenal, kita seperti melempar tanggung jawab kita ke orang lain saat kita mengeluh. Hal ini membuat kita merasa kalau kitalah yang benar dan orang lain yang salah.

Kalau bisa dikategorikan, mungkin seperti ‘meninggikan ego.’

Banyak orang yang lebih suka mengeluh dibandingkan melakukan sesuatu untuk merubah keadaan mereka, karena lebih mudah melempar tanggung jawab ke orang lain daripada bertanggung jawab sendiri.

Lebih mudah untuk berharap seseorang merubah kondisi kita daripada kita sendiri yang berusaha keras merubah kondisi kita.

Daripada terus mengeluh, lebih baik kita melakukan sesuatu yang produktif agar keadaan kita bisa berubah perlahan-lahan. Saat kita mau mulai, pasti akan terasa sangat berat dan susah. Ditambah kalau sekeliling kita sangat tidak mendukung apa yang akan kita lakukan.

Ingat, teman kita yang malas akan selalu mencoba untuk menjatuhkan kita ketika kita ingin berubah. Ini karena kalau kita berhasil menjadi rajin dan produktif, mereka akan kehilangan satu teman malas. Mereka tidak menginginkan hal ini maka mereka akan terus menjatuhkan kita.

Bukan hanya teman, tetapi keluarga dan kerabat pun bisa ingin kita tidak berhasil. Jadi kita harus pintar mengetahui mana kritik yang membangun dan mana kritik yang menjatuhkan.

Mulai sekarang, mari kita kurangin keluhan kita dan lakukan sesuatu agar kondisi kita bisa menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: